Pasar Sejahtera

PROGRAM PASAR SEJAHTERA

Pasar rakyat adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah, pemerintah daerah, swasta, badan usaha milik negara dan badan usaha milik daerah termasuk kerja sama dengan swasta dengan tempat usaha berupa toko, kios, los dan tenda yang dimiliki atau dikelola oleh pedagang kecil, menengah, swadaya masyarakat atau koperasi dengan usaha kecil, modal kecil dan dengan proses jual beli barang dagangan melalui tawar menawar.

60% masyarakat Indonesia masih membutuhkan pasar tradisional ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Indonesia terdapat sekitar 9.559 pasar rakyat (2015) merosot dari jumlah 13.550 pasar rakyat di 2007. Hingga saat ini, pasar rakyat masih menjadi sumber penghidupan bagi sekitar 50 juta jiwa di seluruh Indonesia (Kementerian Perdagangan, 2007).

“Program Pasar Sejahtera pada dasarnya merupakan bagian terpadu dari upaya nasional untuk merevitalisasi pasar rakyat/tradisional yang digaungkan oleh pemerintah (Nawacita no.6)”

Program Pasar Sejahtera (sehat, hijau, bersih, terawat) merupakan upaya Yayasan Danamon Peduli dalam meningkatkan kondisi kesehatan lingkungan dan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan yang ada di pasar rakyat. Hal ini dilakukan agar pasar dapat memenuhi persyaratan standar nasional baik aspek fisik maupun pengelolaannya

TUJUAN

  1. Memperbaiki dan meningkatkan kondisi kesehatan lingkungan pasar sebagai ruang publik komersial yang bersih, sehat, aman, dan nyaman.
  2. Mengembangkan model percontohan pasar yang memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) sebagai hasil perwujudan dari:
    • Perencanaan dan partisipasi lintas sektor yang terpadu
    • Dukungan fisik dan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan pasar
    • Promosi pasar rakyat

PEMANGKU KEPENTINGAN

Menyadari segala kerumitannya, perbaikan dan peningkatan kualitas pasar rakyat tidak bisa dilakukan oleh pemain tunggal baik pemerintah maupun swasta. Oleh sebab itu partisipasi lintas sektor yang terpadu wajib dilakukan dalam pelaksanaan program Pasar Sejahtera di kabupaten/kota.

Di masing-masing daerah, komposisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani pasar rakyat berbeda-beda, akan tetapi secara umum pemangku kepentingan pasar sebagai berikut:

KOMPONEN KEGIATAN

Pada saat pertama kali program Pasar Sejahtera dijalankan (2010), Danamon Peduli menggunakan Keputusan Kementerian Kesehatan (Kepmenkes) No.519 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat sebagai acuan pelaksanaan program dan tahun 2015 menambah referensi acuan program dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 Pasar Rakyat yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional.

Program Pasar Sejahtera memiliki 4 komponen kegiatan, yaitu:

  • Peningkatan Kondisi Fisik Pasar
    Upaya perbaikan fisik pasar dilakukan agar pasar tradisional menjadi tempat aman penyediaan pangan sehari-hari, dan meningkatkan nilai kompetitif serta daya tarik bagi masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan terdiri dari perbaikan fisik dan pengelolaan sampah.
  • Intervensi Perubahan Perilaku
    Kegiatan intervensi perubahan perilaku dilakukan secara bertahap baik yang berhubungan langsung dengan perilaku hidup bersih dan sehat maupun kepada pola pikir dan kebiasaan pada aspek kehidupan lainnya seperti ekonomi, sosial dan budaya.
  • Peningkatan Komitmen Pemerintah
    Komitmen Pemerintah yang diharapkan dalam hal koordinasi dan kerja sama antar sektor terkait dan memastikan dukungan serta pembiayaan terhadap kesinambungan program serta supervisi terhadap pelaksanaan kegiatan Program Pasar Sejahtera.
  • Peningkatan Dukungan Masyarakat
    Dukungan dan peran serta masyarakat sangat membantu keberhasilan pelaksanaan Program Pasar Sejahtera. Untuk itu, perlu dilakukan upaya peningkatan dukungan masyakat dan pihak terkait lain seperti paguyuban pedagang, asosiasi pedagang, media publikasi, dan dunia usaha.

LOKASI PASAR DAMPINGAN

KEGIATAN PROGRAM PASAR SEJAHTERA

PERBAIKAN FISIK, PENGADAAN

DISKUSI KELOMPOK, GOTONG ROYONG, PELATIHAN

LINTAS SEKTOR, MOU, WORKSHOP SNI

PUBLIKASI, FESTIVAL PASAR RAKYAT

Foto-Pasar-Sejahtera-Publikasi-Festival-Pasar-Rakyat.-351x192