Cepat Tanggap Bencana

PROGRAM CEPAT TANGGAP BENCANA

Posisi geologis Indonesia berada tepat pada ‘cincin api pasifik’ sebuah kawasan dimana 80% gempa bumi dunia terjadi. World Risk Index menempatkan Indonesia pada rangking 34 dari 171 sebagai negara yang rentan terhadap bencana (2014) meliputi banjir, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung api, gelombang ekstrim dan abrasi, kebakaran lahan dan hutan, cuaca ekstrim dan kekeringan

Persoalan yang paling penting dari kebencanaan adalah kesiapsiagaan semua pihak, termasuk masyarakat itu sendiri dalam upaya mengurangi risiko bencana. Hal ini amat penting untuk meminimalisasi, bukan hanya jumlah korban, tetapi juga jumlah orang yang terdampak bencana, kerugian ekonomi, dan kerukan pada infrastuktur penting serta gangguan yang menyangkut layanan dasar. Tanggung jawab dalam menyikapi bencana ada pada semua pihak, mulai dari pemerintah, swasta, lembaga-lembaga nirlaba serta kemasyarakatan, dan lain-lain.

“Danamon Peduli mengadopsi pendekatan manajemen bencana yang meliputi bantuan darurat, pemulihan, pencegahan serta upaya mitigasi dalam kerangka kerja yang berkelanjutan.”

Sebagai warga korporasi yang bertanggung jawab PT. Bank Danamon Indonesia melalui Yayasan Danamon Peduli memfokuskan salah satu program utamanya pada kebencanaan yang dinamakan program Cepat Tanggap Bencana. Sejak awal berdirinya pada tahun 2006, Danamon Peduli menjalankan program Cepat Tanggap Bencana di seluruh wilayah kerja Danamon dan anak perusahaan.

WILAYAH KERJA

RUANG LINGKUP BENCANA

BENCANA ALAM

  1. Bencana tektonik: gempa bumi
  2. Bencana banjir: banjir sungai, banjir lahar, banjir bandang, banjir pasang, banjir kelautan (marine) seperti tsunami, gelombang pasang, gelombang badai
  3. Bencana gravitatif: tanah longsor, runtuhan batuan

BENCANA NON ALAM

  1. Kegagalan teknologi: kebakaran

MITRA KERJA

Dalam pelaksanaannya, Danamon Peduli bekerja sama dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam kebencanaan guna mempercepat penyaluran bantuan dan juga dalam pengembangan kepada masyarakat.

Beberapa mitra dalam kegiatan Cepat Tanggap Bencana:

  1. Badan Nasional Penanggulangan Bencana
  2. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota)
  3. Palang Merah Indonesia (Provinsi/Kabupaten/Kota)
  4. Dinas/Badan/Kantor Pemadam Kebakaran (Kabupaten/Kota)