21
May

Badan Standarisasi Nasional Dan Yayasan Danamon Peduli Keluarkan Panduan Penerapan SNI 8152:2015 Pasar Rakyat

Jakarta, Rabu 20 April 2016, Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Yayasan Danamon Peduli menandatangani kesepakatan kerja sama yang bertajuk Peningkatan Daya Saing Pasar melalui Penerapan SNI 8152:2015 Pasar Rakyat (SNI Pasar Rakyat). SNI Pasar Rakyat bertujuan menjadi pedoman dalam mengelola, membangun serta memberdayakan komunitas pasar rakyat yang didalamnya tercantum ketentuan persyaratan umum, persyaratan teknis dan persyaratan pengelolaan yang harus dimiliki oleh pasar rakyat yang semuanya mengarah pada kesehatan, keamanan dan keselamatan lingkungan (K3L).

Melalui program kemitraan program Pasar Sejahtera (sehat, hijau, bersih dan terawat) tahun 2016 – 2019, BSN dan Yayasan Danamon Peduli berhasil mengawal proses sertifikasi di tiga pasar rakyat yaitu Pasar Bunder Sragen dan Pasar Rejowinangun Magelang Jawa Tengah serta Pasar Ibuh Payakumbuh Sumatera Barat hingga berhasil meraih predikat pasar ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebagai upaya mendorong pengelola pasar rakyat untuk bersegera meningkatkan kapasitas pasarnya menjadi pasar ber-SNI Pasar Rakyat, BSN dan Yayasan Danamon Peduli telah mendokumentasikan seluruh pengetahuan, pengalaman yang disertai best practice ke dalam dokumen yang diberi judul “Panduan Penerapan SNI Pasar Rakyat” Yang berisi tentang:

1. SNI Pasar Rakyat
2. Klasifikasi Pasar
​3. Persyaratan Pasar Rakyat
​4. Proses Sertifikasi
​5. Review Proses
​6. Penetapan Keputusan Sertifikasi
​7. Sertifikasi Kesesuaian
​8. Persetujuan penggunaan Tanda SNI
​9. Survailen dan Re-sertifikasi
10. Tantangan dalam proses penerapan SNI Pasar rakyat
​11. Cerita sukses penerapan SNI Pasar Rakyat yang sudah tersertifikasi (program Pasar Sejahtera

Hingga akhir 2018 baru ada 30 pasar rakyat yang berstandar nasional dari jumlah total sekitar 9.000 pasar rakyat di seluruh Indonesia. Panduan Penerapan SNI Pasar Rakyat  silakan unduh:

https://danamonpeduli.or.id/publikasi/pasar-sejahtera/

Leave a Reply