12
Mar

Pasar Dampingan Yayasan Danamon Peduli Raih Penghargaan dari Kementerian Perdagangan RI

Pasar Rejowinangun Kota Magelang adalah salah satu Pemenang Inovasi Terbaik di ajang Anugerah Pancawara yang diselenggarakan oleh Yayasan Danamon Peduli dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) pada 2017 yang lalu. Sebagai apresiasi, Yayasan Danamon Peduli menjadikan Pasar Rejowinangun sebagai pasar dampingan dan unit percontohan program Pasar Sejahtera selama 2018 hingga 2019 melalui skema kemitraan public private partnership.

Fokus program Pasar Sejahtera ada pada: (i) revitalisasi fisik pasar dan (ii) revitalisasi non fisik, seperti peningkatan kapasitas kelembagaan, edukasi pemangku kepentingan serta perbaikan pengelolaan pasar agar selaras dengan kriteria pasar rakyat yang berstandar nasional Indonesia (SNI 8152:2015 Pasar Rakyat). Setelah melalui serangkaian kegiatan pendampingan, Pasar Rejowinangun berhasil meraih predikat pasar berstandar nasional Indonesia ke-30 dari sekitar 9.000 pasar rakyat di seluruh Indonesia pada akhir Desember 2018.

Pasar Rakyat Award 2019

Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, Selasa  12 Maret 2019, Presiden RI Joko Widodo memberikan penghargaan kepada 14 pasar rakyat terpilih dalam ajang Pasar Rakyat Award 2019 yang diselenggarakan oleh Kemendag RI.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjelaskan, penghargaan pasar rakyat dianugerahkan kepada pasar rakyat dengan kriteria penilaian kategori pasar revitalisasi terbaik. Beberapa diantaranya yaitu pasar yang dibangun melalui program revitalisasi pasar rakyat dengan jangka waktu pembangunan fisik sesuai tepat waktu, serta pasar telah memberikan kontribusi peningkatan perekonomian daerah.

Adapun kriteria penilaian kategori pasar ramah lingkungan yaitu pasar bersih dan tertata rapi, memiliki program pengelolaan sampah, serta memiliki fasilitas kebersihan, pengelolaan limbah dan area penghijauan yang memadai. Sementara kriteria penilaian kategori pasar ramah difabel yaitu memiliki infrastruktur dan fasilitas yang ramah untuk kaum difabel.

Pengelola pasar rakyat terbaik diberikan kepada mereka yang memenuhi kriteria penilaian yang ditentukan, yaitu memiliki visi dan misi yang jelas dalam pengembangan pasar, memiliki manajemen dan prosedur standar operasional pengelolaan pasar rakyat, serta memiliki program pengembangan atau pemberdayaan, baik untuk pedagang maupun masyarakat sekitar.

“Selaku mitra pembangunan, kami sangat mendukung Pasar Rakyat Award sebagai ajang penghargaan kepada pasar rakyat. Kami sepakat dengan Kemendag RI bahwa inisiatif  ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran dan nilai pasar bagi pertumbuhan ekonomi wilayah, sekaligus sebagai simpul pembangunan yang berakar pada rakyat. Hal ini tentunya akan mendorong semangat inovasi dari pengelola pasar untuk terus melahirkan terobosan guna menjawab tantangan jaman dan tuntutan konsumen. Pada kesempatan ini, kami turut bangga atas terpilihnya Pasar Rejowinangun Kota Magelang sebagai salah satu penerima Pasar Rakyat Award 2019,” tutur Jenik DS Andreas, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Penerima Pasar Rakyat Award 2019

Kategori Pasar Revitalisasi Terbaik:

  1. Pasar Rakyat Segalaherang Kab. Subang
  2. Pasar Rakyat Blimbing Kab. Sragen

Kategori Pasar Ramah Lingkungan:

  1. Pasar Rakyat Bintaro Sektor 2 Kota Tangerang Selatan
  2. Pasar Rakyat Serikat C Batusangkar Kab. Tanah Datar
  3. Pasar Rakyat Gempol Kab. Pasuruan

Kategori Pasar Ramah Difabel:

  1. Pasar Rakyat Tanggul Kota Surakarta
  2. Pasar Rakyat Rejowinangun Kota Magelang
  3. Pasar Rakyat Kliwon Kab. Kudus

Kategori Pengelola Pasar Terbaik:

  1. Pasar Rakyat Pinangsungkulan Kota Manado
  2. Pasar Rakyat Manis Purwokerto Kab. Banyumas
  3. Pasar Rakyat Agung Kota Denpasar
  4. Pasar Rakyat Gunung Sari Kota Cirebon
  5. Pasar Rakyat Kelapa Dua Kab. Tangerang.

Leave a Reply