06
Aug

Yayasan Danamon Peduli Resmikan Unit Percontohan Program Pasar

Bisnis.com, JAKARTA Yayasan Danamon Peduli telah meresmikan unit percontohan program pasar Sehat, Hijau, Bersih, Terawat (Sejahtera) di Pasar Tejoagung, Kota Metro, Lampung. Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi mengatakan peresmian unit percontohan pasar Sejahtera di Pasar Tejoagung ini merupakan kelanjutan dari komitmen untuk merevitalisasi pasar tradisional dengan memberdayakan para pelaku pasar. Program ini berkerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Skema public-private partnership ini menjamin kesinambungan dari program ini sehingga pelaku pasar dan masyarakat sekitarnya dapat terus menerima manfaat dari program ini, ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Senin (16/3/2015). Sejak 2010, tambah Restu, Danamon Peduli telah menjalankan program Pasar Sejahtera dengan fokus pelaksanaan program yaknk revitalisasi fisik pasar dan revitalisasi non fisik. “Peningkatan kapasitas kelembagaan dan edukasi untuk peningkatan kesadaran perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, katanya.

Saat ini sudah ada sembilan pasar percontohan Pasar Sejahtera, yakni Pasar Ibuh-Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng, Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir yang sudah diserahterimakan kepada Pemerintah setempat, ucap Restu. manajemen.bisnis.com

Leave a Reply