28
Feb

Yayasan Danamon Peduli Adakan ‘Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran’ untuk Pasar Rakyat di Kota Banda  Aceh

Banda Aceh, 28 Februari 2017. Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh, BPBD dan Dinas Kebakaran Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan ‘Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran’ di Pasar Atjeh. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Rizal Junaedi dan Danamon Branch Corporate Officer Wilayah Banda Aceh Ivan Jorilanda serta dihadiri 60 peserta pelatihan dari 13 pasar rakyat yang ada di Kota Banda Aceh. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang konsep manajemen darurat, ketangguhan dan kesigapsiagaan dalam situasi gawat darurat bila terjadi bencana alam ataupun kebakaran di pasar. Melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meminimalisasi korban jiwa, kerugian akibat kerusakan harta benda/aset, dan lingkungan.

“Pasar rakyat (tradisional) di kota Banda Aceh memiliki peran yang sangat vital sebagai salah satu penyangga kehidupan ekonomi, sosial dan budaya. Kita ketahui bahwa salah satu peran utama pasar rakyat adalah menyerap produksi dan memegang rantai distribusi dan penjualan dalam skala daerah maupun nasional. Oleh sebab itu Danamon Peduli melalui ‘Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran’ mendorong terwujudnya pasar yang tangguh dan siap siaga terhadap bencana dan ancaman kebakaran yang dapat terjadi kapan saja” jelas Restu Pratiwi Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Sejak 2015, Danamon Peduli telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran di 28 Kota/Kabupaten yang melibatkan 2.179 peserta dari 247 komunitas pasar rakyat di seluruh Indonesia. Selain edukasi dan simulasi, Danamon Peduli juga mendistribusikan lebih dari 536 alat pemadam api ringan (APAR) untuk ditempatkan di pasar-pasar setempat. Materi pelatihan terdiri dari teori pengenalan potensi bencana serta pencegahan dan penanganan kebakaran diiringi dengan materi praktik, dimana peserta diajarkan bagaimana memadamkan api, baik dengan media konvensional dan alat pemadam kebakaran api ringan.

Tentang Yayasan Danamon Peduli:

Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. pada 17 Februari 2006. Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon. Dalam kiprahnya, Danamon Peduli secara konsisten berperan sebagai mitra pembangunan dengan program-programnya yang inovatif dengan tujuan berkontribusi pada prioritas pembangunan serta berkelanjutan dan dapat dikembangkan oleh berbagai pihak lain.

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar Sejahtera sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat. Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar Sejahtera, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan di Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir sudah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Selain melalui kegiatan Pasar Sejahtera ini, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Sejak didirikannya, Yayasan Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2011, Program Pasar Sejahtera mendapatkan penghargaan Asia Responsible Enterpreneurship Award untuk kategori Green Leadership. Pada pertengahan tahun ini, Yayasan Danamon Peduli menerima penghargaan dari Warta Ekonomi Social Business Inovation Award 2014 untuk kategori Best Sustainable Business Innovation Company in Clean Market Programme.  Kuartal pertama di 2015, Yayasan Danamon Peduli meraih Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector (CECT) CSR Award 2015 kategori “Overall Performance in Banking Sector” Oleh Universitas Trisakti.. Pada 2016, Danamon Peduli menerima Social Innovation Award, Warta Ekonomi; Special Achievement Delivering Succesful CSR Project, CECT CSR Awards; dan Commendation for best Practise in Combined Report of Foundation, NCSR. Pada Oktober 2016, Danamon Peduli diundang menjadi salah satu pembicara pada United Nation Habitat III di Quito, Ecuator atas program investasi sosialnya yang dianggap selaras dengan Sustainable Development Goals, khususnya pada tujuan 11 yaitu Sustainable Cities and Communities.

 

Leave a Reply