15
Oct

Mendag Lembong Blusukan ke Pasar Santa

Jakarta -Menteri Perdagangan Thomas Lembong malam ini blusukan ke Pasar Santa, Jakarta Selatan. Lembong yang mengenakan batik berwarna merah tiba sekitar pukul 19.30 WIB tanpa didampingi pejabat eselon I Kemendag. Begitu tiba, Lembong segera naik ke lantai 2 Pasar Santa untuk menyapa para pedagang dan pengunjung pasar. Setelah itu, Lembong turun ke lantai 1 dan keluar untuk ngobrol bersama awak media di warung sate padang di parkiran Pasar Santa. Dia mengungkapkan, tujuannya blusukan ke Pasar Santa ini adalah untuk mempelajari bagaimana Pasar Santa yang merupakan pasar tradisional bisa menjadi begitu populer sebagai tempat nongkrong anak muda. Begitu banyak kreativitas yang muncul di pasar ini.

Kenapa saya ke Pasar Santa? Di Jakarta ini terkenal sebagai tempat di mana inovasi anak muda tercipta secara organik, secara spontan. Tiba-tiba dengan inisiatif 1-2 orang bisa populer dan menjadi inspirasi. Saya kesini mau lihat dan belajar dengan mata sendiri bagaimana pasar tradisional bisa begitu populer, apakah bisa direplikasi ke daerah-daerah lain, papar Lembong di Pasar Santa, Jakarta, Jumat (16/10/2015). Menurutnya, Pasar Santa dapat menjadi model bahwa pasar tradisional bisa bertahan di tengah banyaknya pasar modern asalkan bisa menemukan keunikannya.

Kita sering dengar bahwa pasar tradisional susah bersaing dengan toko modern. Tapi toko modern kan punya standar, dia bikin semua jadi sama. Sementara pasar tradisional bisa beda 1 daerah dengan daerah lain, ada 1 tujuan khusus misalnya untuk kuliner, hiasan-hiasan, paparnya. Jangan pasar tradisional itu bersaing dengan toko modern. Dia harus cari 1 peran,1 ciri khas yang sulit ditiru dengan pasar modern, pungkasnya.

Penulis : Michael Agustinus Sumber : http://finance.detik.com/read/2015/10/16/201950/3046100/4/mendag-lembong-blusukan-ke-pasar-santa

Leave a Reply