08
Oct

Danamon Peduli Pasar Tradisional

Renovasi Musala Pasar Kanoman dan Bagikan Alat Kebersihan CIREBON Dalam rangka bulan lingkungan hidup, Danamon Group (Bank Danamon dan Adira) memberikan bantuan untuk Pasar Kanoman Cirebon, Kamis (10/9). Bantuan tersebut berupa renovasi musala, renovasi bak sampah, dan bantuan pengadaan alat-alat kebersihan. Area Manager Consumer Banking yang juga Branch Corporate Officer Bank Danamon Yuliah Solihin menuturkan, kegiatan baksos ini melibatkan partisipasi Danamon Group dan masyarakat dalam membangun kesadaran bersama akan pentingnya melakukan tindakan nyata yang dapat membantu upaya melestarikan dan pengembangan kesehatan lingkungan di pasar. Menurut Yuli, pasar rakyat merupakan salah satu poros kehidupan dan perekonomian daerah. Untuk itu, demi mendorong masyarakat tetap nyaman dan setia belanja di pasar tradisional, Danamon dan Adira berinisiatif untuk lebih memfokuskan kegiatan peduli lingkungan di pasar.

Kegiatan ini merupakan pelibatan dan partisipasi Danamon Group dan masyarakat dalam membangun kesadaran bersama akan pentingnya melakukan tindakan nyata yang dapat membantu upaya melestarikan dan pengembangan kesehatan lingkungan di pasar, katanya kepada Radar, kemarin. Menurutnya, kesadaran bersama untuk melakukan tindakan pelestarian di tingkat masyarakat ini sangat penting. Sebab, seperti diketahui, berbagai kerusakan lingkungan hidup yang juga berdampak pada terjadinya beberapa bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi adalah akibat ulah dan perilaku manusia. Sebagai contoh, masalah sampah dan polusi udara bahkan hingga kebakaran pasar akhir-akhir ini semakin banyak menimpa pasar rakyat kita, ujarnya. Dalam kegiatan ini, tidak lupa pihaknya mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah dan pengelola pasar hingga kegiatan ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat. Di sepanjang tahun 2015 ini, kegiatan peduli lingkungan di pasar rakyat digelar di berbagai wilayah di tanah air.

Jenis-jenis kegiatan pelestarian lingkungan yang dilakukan antara lain berupa penghijauan wilayah dengan penanaman pohon, pembuatan lubang biopori, pengumpulan, dan pengelolaan sampah serta pemberian tempat-tempat pembuangan dan pengangkutan sampah, paparnya. Di beberapa daerah yang mengalami kesulitan air bersih, Danamon Group juga membantu pembuatan penampungan air bersih dan fasilitas sanitasi. Anggaran yang dialokasikan oleh Danamon khusus untuk mendukung perbaikan kesehatan lingkungan pasar sejumlah lebih dari Rp2 miliar selama tahun 2015. Di samping itu, seluruh karyawan keluarga besar Danamon Group meneruskan gerakan 3R yaitu Reduce, Recycle, dan Reuse dari sampah kertas yang dihasilkan dari kegiatan operasional. Seluruh sampah kertas tersebut diolah dan digunakan kembali menjadi marketing collateral perusahaan seperti tas kertas, bahan dasar kalender, dan sampul laporan tahunan perusahaan.

Gerakan ini merupakan terjemahan dan aksi nyata dari salah satu kepribadian Danamon yaitu Genuine yang berarti tulus yaitu mengatakan apa yang kita niatkan dan yang terpenting adalah mengerjakan apa yang kita katakan,bebernya diiyakan oleh Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi. Sehingga, perusahaan tidak hanya paham teori 3R namun juga mengimplementasikannya pada kegiatan sehari-hari. Seluruh perusahaan peduli lingkungan yang dilakukan di wilayah maupun pusat diinisiasai dan dimonitor langsung oleh Yayasan Danamon Peduli selaku penerima amanah dan pelaksana kegiatan tanggung jawab sosial Danamon Group. Sementara itu, Kepala Unit Pasar Kanoman Cirebon Popon Ernawati mengucapkan terima kasih kepada Danamon Group yang telah menunjukkan kepeduliannya.  Kami merasa terbantu. Renovasi musala ini sangat bermanfaat supaya lebih nyaman untuk pengunjung maupun pedagang. Di samping itu, bantuan lainnya juga sangat menunjang lingkungan yang bersih, jelasnya. (nda/adv) Penulis:Harry Hidayat Sumber: http://www.radarcirebon.com/danamon-peduli-pasar-tradisional.html

Leave a Reply