18
Sep

Danamon Peduli Gelar Festival Pasar Rakyat

SURABAYA (Surabayapost.net) Keberadaan pasar tradisional di Indonesia perlu dikembangkan. Untuk mendukung itu, Yayasan Danamon Peduli melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat.

Festival ini digelar di Pasar Kembang Surabaya dengan mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota Surabaya. Ketua dan Direktur Ekskutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi mengatakan, kampanye jelajah pasar rakyat nusantara ini melibatkan berbagai pihak. Diantaranya pemerintah, swastam dan masyarakat umum. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, memberikan wawasan, dan menarik simpati masyarakat tentang keberdaan pasat rakyat sehingga setiap lapisan masyarakat menjadi bagian dari perkembangan pasar rakyat di Indonesia.

Jelajah pasar rakyat merupakan satu-satunya gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Melalui kampanye ini, kami berupaya menggugah masyarakat akan nilai dan peran dari pasar rakyat, lebih dari sekedar tempat bertransaksi yang kumuh dan kotor, kata Restu, Sabtu (22/8/2015). Lebih lanjut Restu mengatakan, salah satu peran uniknya adalah pasar rakyat di Indonesia mampu menyerap lebih dari 100 juta tenaga kerja yang terdiri dari pedagang, petani, peternak, nelayan, buruh gendong, kuli angkut, supir angkutan hingga penyedia layanan transportasi jarak dekat.

Pasar kembang merupakan salah satu pasar tematik di Surabaya yang dikembangkan oleh Pemkot Surabaya. Selain itu kami melihat bahwa melalui pasar tematik, khususnya kuliner lokal, ujarnya. Restu mengatakan, harapannya pemerintah, swasta, dan masyarakat lebih bersimpati terhadap pasar rakyat, tidak hanya pada perbaikan fisik atau bangunannya saja namun juga menyentuh pengelolaan pasar agar lebih modern. Dengan dukungan dari berbagai pihak secara terintegrasi, pihaknya yakin pasar rakyat ke depannya akan menjadi pilihan tempat rekreasi, tujuan wisata, dan tempat berbelanja yang mendapat tempat di hati konsumennya. Dalam mendukung ini, Danamon Peduli mengalokasikan dana lebih dari Rp 7 miliar untuk program dan kegiatan yang berkaitan dengan pasar dimana jaringan kantor Danamon dan Adira berada selama tahun 2015.

(*) Penulis : Editor : Junaidi Sumber Berita: http://surabayapost.net/berita-danamon-gelar-festival-pasar-rakyat.html#ixzz3m4V640iT

Leave a Reply