Friday, Jan 18th 2019
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

PASAR RAKYAT, TERBAKAR ATAU DIBAKAR?


Masih jelas dalam ingatan kita, di awal bulan Mei 2015 sebuah pasar legendaris di Semarang, Jawa Tengah yaitu Pasar Johar habis dilahap si jago merah. Pasar rakyat dengan gaya arsitektur yang indah karya Thomas Karsten asal Belanda yang disebut-sebut pernah menjadi pasar terbaik se-Asia Tenggara itu kini hanya tinggal kenangan. Ya, kita telah kehilangan salah satu ikon terbaik negeri ini. Fakta yang paling menyedihkan adalah terdapat lebih dari 200 pasar rakyat terbakar selama tahun 2015. Terbakar atau sengaja dibakar selalu menjadi pertanyaan terbesar ketika kita mendengar atau membaca berita tentang kebakaran sebuah pasar, lalu pertanyaan selanjutnya adalah berapa kerugian yang diakibatkan? bagaimana dengan nasib pedagangnya? bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka? Lalu, adakah yang bisa kita lakukan untuk meresponi bencana kebakaran yang terus menerus menimpa salah satu tonggak perekonomian lokal di negeri kita ini? Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) didukung penuh oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNBD) berkomitmen untuk membantu para pemangku kepentingan di pasar-pasar rakyat khususnya para pedagang dan komunitas pasar untuk mampu menangani bencana kebakaran yang dapat kapan saja mengancam pasar mereka. Mulai November 2015 Danamon Peduli dan BPBD melaksanakan Pelatihan Mitigasi Bencana Kebakaran dan penyediaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) yang dilakukan di beberapa pasar rakyat terpilih. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memahami konsep manajemen darurat; memahami proses kesiapsiagaan darurat dan sistemnya di lingkungan pasar; mencegah kesimpangsiuran dalam menghadapi keadaan darurat (tidak gugup atau panik); sebagai upaya untuk meminimalkan dan mencegah terjadinya korban jiwa, kerusakan harta benda/aset di lingkungan pasar jika bencana kebakaran terjadi; peserta mampu membuat analisa terhadap kebutuhan akan situasi gawat darurat di lingkungan pasar. Pelatihan mitigasi bencana kebakaran yang dilaksanakan di 2015 ini melibatkan lebih dari 500 pedagang dan komunitas pasar di Pasar Ibuh, Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Tejoagung, Lampung, Pasar Bunder Sragen Jawa Tengah, Pasar Grogolan, Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Baru, Probolinggo Jawa Timur, Pasar Kemuning, Pontianak Kalimantan Barat, Pasar Lambocca, Bantaeng Sulawesi Selatan, Pasar Pandansari, Balikpapan Kalimantan Timur, dan Pasar Kebon Kembang, Bogor Jawa Barat. Selain itu Danamon Peduli turut melengkapi alat pemadam kebakaran ringan sebanyak 10 buah untuk setiap pasar. Dalam pelatihan mitigasi bencana kebakaran, fasilitator pelatihan dari BPBD memberikan teori yaitu kepada peserta pelatihan bagaimana mencegah terjadinya bencana kebakaran, penanggulangan bencana kebakaran, proses evakuasi, formasi regu hidran lengkap di dalamnya adalah formasi tugas personil pemadam dalam melaksanakan operasi pemadaman sesuai dengan aturan, susunan formasi, tugas dan fungsi sebagai regu pemadam. Selanjutnya adalah praktek, dimana fasilitator mengajarkan memadamkan api dengan kondisi darurat tanpa alat pemadam kebakaran maupun dengan alat pemadam kebakaran. Melalui pelatihan mitigasi bencana kebakaran dan penyediaan APAR ini, Danamon Peduli berharap pemangku kepentingan di pasar mampu melindungi dan meminimalkan dampak kerugian materi dan jiwa yang terjadi jika terjadi bencana kebakaran. Terbakar atau sengaja dibakar nampaknya akan terus menjadi pertanyaan di benak kita. Namun kita bisa bernafas lega jika bencana kebakaran yang terjadi dengan cepat mampu ditaklukan hingga tidak lagi kita dengar hilangnya sebuah pasar yang diakibatkan karena kebakaran. Pasar rakyat adalah aset bangsa yang harus kita lestarikan dan kembangkan untuk mensejaterahkan masyarakat. Kegiatan ini adalah salah satu aksi nyata dari visi dan nilai Danamon dan Yayasan Danamon Peduli yaitu “Kami Peduli dan membantu berjuta orang mencapai kesejahteraan”.

Share the knowledge...