Friday, Jan 18th 2019
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Jaga Eksistensi Pasar Tradisional, Danamon Peduli Gelar Jelajah Pasar Rakyat Nusantara


SERANG Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, dan menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan, terlihat pasar rakyat yang sangat diandalkan masyarakat ini pun, mulai terpinggirkan. Kondisi ini, menggerakkan Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli), yang peduli akan keberadaan pasar rakyat (pasar tradisional). Sejak beberapa tahun lalu, yayasan yang berada dalam naungan PT Bank Danamon ini memberikan perhatian akan keberadaan dan perkembangan pasar tradisional di Indonesia. Siaran pers yang diterima Jobsmediaonline.com, Senin (15/6), dijelaskan, Danamon Peduli meluncurkan kampanye nasional bertajuk “Jelajah Pasar Rakyat Nusantara”. Kampanye nasional pertama Jelajah Pasar Rakyat Nusantara ditandai dengan kembali digelarnya Festival Pasar Rakyat di Pasar Rau, Kota Serang Banten. Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional di Indonesia. Juga, kampanye nasional pasar rakyat ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyebarluaskan pesan sosial bahwa pasar adalah salah satu ruang publik tempat interaksi sosial tertua di Indonesia yang harus terus kita kembangkan dan jaga keberadaannya. Sebagai ruang publik, pasar dapat dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kegiatan kreatif dan edukatif. Harapannya adalah pemerintah, swasta dan masyarakat lebih bersimpati terhadap pasar rakyat, tidak hanya pada perbaikan fisik atau bangunannya saja namun juga menyentuh manajemen, peningkatan kapasitas pedagang dan promosinya. Kampanye Nasional Pertama untuk Pasar; Mengembalikan Peran Pasar Rakyat sebagai Ruang Publik yang Kreatif, Edukatif, dan Berbudaya. Lebih lanjut Restu mengatakan, “Dengan dukungan dari berbagai pihak secara terintegrasi, diyakini pasar rakyat ke depannya akan menjadi pilihan tempat rekreasi, tujuan wisata dan tempat perbelanjaan yang mampu memanjakan pengunjungnya”. Untuk tahun 2015, Danamon dan anak perusahaannya, melalui Danamon Peduli berkomitmen mengalokasikan dana lebih dari Rp 7 miliar untuk program dan kegiatan yang berkaitan dengan pasar dimana jaringan kantor Danamon dan Adira berada. Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli , merupakan satu-satunya gerakan yang khusus mendukung dan mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Melalui kampanye ini, Danamon Peduli terus berupaya menyerukan, dan mendorong masyarakat untuk setia berbelanja di pasar rakyat melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat. Pasar rakyat memiliki nilai, dan peran yang unik dan mencerminkan kehidupan masyarakat Indonesia. Pasar rakyat menyediakan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 100 juta jiwa rakyat Indonesia dan menyediakan kurang lebih 60 persen kebutuhan masyarakat. Dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat ini, Danamon Peduli menyerahkan bantuan 1 (satu) buah gerobak motor sampah, 15 (lima belas) buah tempat sampah, 55 (lima puluh lima) pohon Pucuk Merah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan pasar dan dukungan perbaikan kualitas kesehatan di lingkungan di Pasar Rau. Berbagai kegiatan lainnya digelar antara lain lomba melukis tong sampah untuk pelajar, edukasi rakyat dan bazaar untuk pengusaha mikro lokal, lomba memasak yang melibatkan komunitas pedagang nasi goreng, dan panggung hiburan. Untuk menyemarakkan acara, Danamon Peduli menghadirkan Zidan, Junior Master Chef Indonesia berusia 14 tahun bersama Pemerhati Kuliner, Arie Parikesit, sebagai relawan khusus membahas warisan kuliner. Semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia sejalan dengan fokus bisnis lini usaha Danamon melalui Danamon Simpan Pinjam yang bergerak di sektor pembiayaan usaha mikro terutama yang beroperasi di lingkungan pasar. Selama lebih dari 11 tahun, Danamon Simpan Pinjam telah mengucurkan lebih dari Rp 85 triliun pinjaman modal bagi para pedagang pasar dan bantuan bagi pasar-pasar rakyat di berbagai kota di Indonesia. “Danamon semakin dekat dengan komunitas pasar dengan hadirnya para account officer Danamon Simpan Pinjam yang setia menjadi mitra bisnis para pedagang dan komunitas di sekitar pasar rakyat,” jelas Stenly Oktavianus, National Sales & Distribution Head Danamon Simpan Pinjam. Peran serta Danamon Simpan Pinjam dalam kegiatan ini, merupakan bentuk dukungan serta komitmennya dalam mengembangkan pasar-pasar rakyat di Indonesia. Danamon Simpan Pinjam memberikan sosialisasi dan menjalin kemitraan dengan para pedagang pasar untuk memenuhi kebutuhan finansial yang diperlukan para pedagang pasar. “Selain mendukung peningkatan kualitas pasar rakyat, kami juga mendukung peningkatan kualitas para pedagang yang ada di pasar. Hal ini karena kehidupan sebuah pasar juga ditentukan dengan semaraknya aktivitas dari komunitas yang ada di dalamnya,” tambah Stenly Oktavianus. (atoen) Lomba Cat Tong Sampah: Anak-anak muda tampak asik mengecat tong sampah, dalam acara Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang diluncurkan Yayasan Danamon Peduli di Pasar Rau, Serang, Banten. jobsmediaonline.com

Share the knowledge...