11
Nov

Bangunan di Jakarta Harus Sesuai Standar. Dua Pasar Dapat Penghargaan SNI dari…

Telegram Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, harus ada kebijakan terkait keamanan konstruksi bangunan yang ada di Jakarta. Ia mengatakan bahwa seluruh gedung yang berada di DKI Jakarta harus memperhatikan konstruksi bangunan sesuai standar yang ditentukan. Bukan hanya untuk masalah keselamatan jika terjadi kebakaran dan tahan gempa.

Djarot menyampaikan hal tersebut pada acara pembukaan Bulan Mutu Nasional (Indonesia Quality Expo) 2015, yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi (BSN) pada Senin pagi, (09/11/2015) minimal gedung yang ada bisa menahan gempa hingga 6,5 skala richter. Karena saat ini di Jakarta sendiri ada sekitar 800 gedung tinggi, ujar Djarot singkat. Untuk itu, lanjut Djrot, seluruh gedung yang ada saat ini harus dilakukan audit bangunan. Sehingga jika ada bagian bangunan yang tidak layak, bisa langsung diketahui sebelum adanya bencana.

Kita akan kerjasama dengan badan sertifikasi nasional untuk melakukan pengecekan ke masing gedung. Tak hanya gedung swasta gedung pemerintahan juga, tandasnya. Dua Pasar di DKI Jakarta Menerima Penghargaan dari BSN Dua pasar di DKI Jakarta menerima penghargaan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Kedua pasar itu adalah Pasar Manggis dan Pasar Jaya Pondok Indah yang dinilai sudah menerapkan berbagai standar dari gedung hingga pemasangan seluruh sarana gedung lainnya sehingga layak mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Masih dalam acara pembukaan IEQ 2015, Djarot Saiful Hidayat menambahkan, DKI Jakarta merencanakan seluruh pasar yang ada di Jakarta segera direvitalisasi agar tidak jauh berbeda dengan pasar modern.

Makanya kita juga akan lengkapi pasar kita dengan rusun. Dimana lantai bawahnya pasar diatasnya rusun, semua akan dijamin mutunya sesuai standar yang sudah ditetapkan,kata Djarot. Menurut Djarot, penerapan sesuai standar tersebut diperlukan untuk meningkatkan produktivitas pasar yang sudah ada. Namun dalam waktu dekat tidak akan ada penambahan pasar baru, melainkan berfokus dulu untuk renovasi seluruh pasar yang ada. Kita juga minta PD Pasar Jaya menyiapkan pemilahan sampahnya antara organik dan anorganik. Nanti agar disiapkan alat pencacah sampahnya,tandasnya.

(ALM) Sumber: http://www.telegramjakarta.com/berita/2015/11/09/bangunan-di-jakarta-harus-sesuai-standar-dua-pasar-dapat-penghargaan-sni-dari-bsn/

Leave a Reply