Monday, Oct 23rd 2017
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Yayasan Danamon Peduli Wujudkan “Pasar Rakyat Tangguh Bencana”


Manado, 14 Oktober 2016. Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) menyelenggarakan pelatihan mitigasi kebakaran dan pengadaan alat pemadam api ringan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara, Dinas Pemadam Kebakaran, PD Pasar Manado dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Manado. Pelatihan mitigasi kebakaran diselenggarakan di Pasar Bersehati, Manado dengan peserta pelatihan pengelola pasar; pedagang dan siswa/siswi SMA/sederajat berjumlah 150 orang. Pada kesempatan ini Danamon Peduli turut menyerahkan bantuan sebanyak 75 buah pengadaan alat pemadam kebakaran api ringan kepada PD Pasar Manado.

Turut hadir Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan, Direktur Utama PD Pasar Manado Ferry Keintjem, SEAk; Kepala Seksi Kesiagaan BPBD Provinsi Sulawesi Utara Jimmy; Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado Sonny Rompas dan Area Manager Danamon Wilayah Manado Merlin Lumangkun.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang konsep manajemen darurat, ketangguhan dan kesigapsiagaan dalam situasi gawat darurat bila terjadi bencana kebakaran di pasar. Melalui pelatihan tersebut diharapkan agar dapat meminimalkan korban jiwa, kerusakan harta benda/aset dan lingkungan pasar.

“Kita sadari bahwa pasar rakyat merupakan pusat kehidupan namun yang memprihatinkan adalah, lebih dari 300 pasar terbakar di seluruh Indonesia selama tahun 2015 hingga 2016. Selaras dengan semangat peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana 2016, Danamon Peduli berinisiatif perkuat kerjasama, kolaborasi, dan komitmen dengan beberapa mitra kerja meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengurangan risiko bencana dan wujudkan Pasar Tangguh Bencana” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum dan DIrektur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Selama Agustus hingga Desember 2016, Danamon Peduli menyelenggarakan pelatihan mitigasi dan penanganan kebakaran di pasar rakyat di Jakarta, Manado, Padang, Palembang, Bandung, Kudus, Pontianak dan Lombok dengan target 1.000 peserta dari komunitas pasar rakyat. Hal ini merupakan bagian dari program Danamon Peduli yang pada tahun 2016 memiliki anggaran sekitar Rp 17 miliar untuk kegiatan tanggung jawab sosial.

Materi pelatihan terdiri dari teori pengenalan potensi bencana, pencegahan dan penanganan kebakaran diiringi dengan materi praktik, yaitu peserta diajarkan bagaimana memadamkan api, baik dengan media konvensional dan alat pemadam kebakaran api ringan disertai penyerahan alat pemadan api ringan untuk masing-masing pasar.



Share the knowledge...