Sunday, May 28th 2017
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Yayasan Danamon Peduli Catatkan Rekor MURI


Bertempat di Menara Bank Danamon, Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) menggelar seremoni serah terima rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yang bertajuk ‘Pelatihan  Mitigasi  Bencana  dan  Penanganan  Kebakaran  di  Pasar  Rakyat  Terbanyak. Rekor tersebut diserahkan langsung oleh Jaya Suprana selaku Ketua Umum MURI kepada Restu Pratiwi selaku Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli. Selama 2015 hingga 2016, Danamon Peduli telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran di 20 Kota/Kabupaten yang melibatkan 1.624 peserta dari 146 komunitas pasar rakyat di seluruh Indonesia. Selain edukasi dan simulasi, Danamon Peduli juga memberikan bantuan berupa alat pemadam api ringan (APAR) untuk ditempatkan di pasar-pasar setempat.

Pasar tradisional atau pasar rakyat merupakan poros kehidupan masyarakat. Data dari Ikatan  Pedagang  Pasar  Indonesia  (IKAPPI)  terdapat  283  pasar  terbakar  di  seluruh Indonesia selama 2015. Beberapa menimpa pasar legendaris Indonesia seperti Pasar Johar di  Semarang  dan  Pasar  Klewer  di  Solo.  Tentu  saja  hal  ini  tidak  hanya  menyebabkan kerugian material bagi komunitas pasar, namun juga hilangnya ikon kebanggaan dan rekam jejak  sejarah  peradaban  sebuah  daerah.  Menyadari  pentingnya  ketangguhan  pasar terhadap bencana alam dan kebakaran, Danamon Peduli mengambil inisiatif untuk mengadakan pelatihan mitigasi bencana dan penanganan kebakaran di pasar tradisional,jelas Restu Pratiwi Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Sejak 2010, Danamon Peduli bermitra dengan Pemerintah Daerah menjalankan program revitalisasi pasar rakyat bertajuk Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat). Selain itu, Danamon Peduli melalui cabang/unit dan relawan karyawan Danamon serta anak perusahaan di seluruh Indonesia aktif merespon berbagai bencana alam dan non alam melalui program Cepat Tanggap Bencana. Kedua fokus program kerja Danamon Peduli inilah   yang   mendasari   lahirnya   inisiatif   kegiatan   Pelatihan   Mitigasi   Bencana   dan Penanganan Kebakaran di pasar rakyat.

Kegiatan ini diadakan untuk komunitas pasar sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan risiko kebencanaan, serta aksi siap siaga dalam menghadapi bencana alam dan non alam yang kapan saja dapat terjadi. Komunitas pasar diharapkan memiliki kemampuan meminimalisir kerugian materi dan korban jiwa, bahkan dapat segera bangkit guna melanjutkan aktivitas rutinnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran, kami   bermitra   dengan   Badan Penanggulangan   Bencana   Nasional   (BNPB);   Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Pemadam Kebakaran dan Pemerintah Daerah. Hal ini sebagai wujud nyata semangat gotong royong dalam memastikan keberadaan dan pengembangan pasar rakyat. Dengan masuknya isu ‘Pasar Rakyat di MURI ini, kami harapkan dapat menggerakkan banyak pihak untuk bersama-sama membenahi pasar rakyat sesuai dengan keahlian kita masing-masing,tutup Restu. Seremoni penyerahan rekor MURI bertajuk ‘Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran di Pasar Rakyat Terbanyak” ini menambah kemeriahan perayaan HUT Ke-11 Danamon Peduli yang jatuh pada 17 Februari.




Share the knowledge...