Wednesday, Aug 23rd 2017
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Pelatihan Mitigasi & Penanganan Kebakaran untuk Pasar Rakyat se-Kabupaten Kendal


Kendal, 15 Maret 2017. Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) menyelenggarakan ‘Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran’ bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perdagangan Pemkab Kendal serta didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Pelatihan mitigasi kebakaran diselenggarakan di Pasar Kota Kendal dengan melibatkan perwakilan dari seluruh komunitas pasar rakyat se-Kabupaten Kendal yang berjumlah 60 orang. Pada kesempatan ini Danamon Peduli turut menyerahkan 20 buah alat pemadam kebakaran api ringan (APAR)  kepada Dinas Perdagangan Pemkab Kendal.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang konsep manajemen darurat, ketangguhan dan kesigapsiagaan dalam situasi gawat darurat bila terjadi bencana alam ataupun kebakaran di pasar. Melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meminimalisasi korban jiwa, kerusakan harta benda/aset, dan lingkungan pasar.

“Kami melihat pasar rakyat di Kabupaten Kendal memiliki peran yang sangat vital sebagai salah satu penyangga kehidupan. Hal ini disebabkan karena kekayaan komoditas Kendal sebagian besar disumbangkan dari sektor pertanian dan hasil laut. Oleh sebab itu Danamon Peduli melalui Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran mendorong terwujudnya pasar yang tanggap dan siap siaga terhadap bencana dan ancaman kebakaran yang dapat terjadi kapan saja. Kita ketahui bahwa salah satu peran utama pasar rakyat adalah menyerap produksi dan memegang rantai distribusi dan penjualan dalam skala daerah maupun nasional,” jelas Restu Pratiwi Ketua Umum dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Selama 2015 hingga 2016, Danamon Peduli telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran di 20 Kota/Kabupaten yang melibatkan 1.624 peserta dari 146 komunitas pasar rakyat di seluruh Indonesia. Selain edukasi dan simulasi, Danamon Peduli juga memberikan bantuan berupa alat pemadam api ringan (APAR) untuk ditempatkan di pasar-pasar setempat.

Materi pelatihan terdiri dari teori pengenalan potensi bencana serta pencegahan dan penanganan kebakaran diiringi dengan materi praktik, dimana peserta diajarkan bagaimana memadamkan api, baik dengan media konvensional dan alat pemadam kebakaran api ringan.



Share the knowledge...