Tuesday, Aug 21st 2018
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Kolaborasi Danamon Peduli dan Komunitas dalam Festival Pasar Rakyat Kota Mataram


Mataram, 26 November 2017. Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) kembali menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) serentak di tiga pasar rakyat di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, yaitu Pasar Dasan Agung, Pasar Ampenan City Center dan Pasar Kebon Roeg. Pagelaran meriah yang dihelat selama dua hari ini sekaligus menutup rangkaian kampanye nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara di tahun 2017, yang sebelumnya sukses digelar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Juli lalu.

Tetap dengan semangat mengangkat kekayaan lokal, Festival Pasar Rakyat Kota Mataram ini terselenggara berkat dukungan Pemerintah Kota Mataram dan keterlibatan para komunitas lokal berbakat dari berbagai bidang. Turut hadir memeriahkan acara adalah Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Sihard Hadjopan Pohan S.H, MM.; Wakil Walikota Mataram, H.  Mohan Roliskana, S.Sos., MH; Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri S.Pi, M.Si ; Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi; Sekretaris Umum Yayasan Danamon Peduli Alexander C. Setjadi dan Danamon Branch Corporate Officer Wilayah Mataram, I Ketut Karya.

“Danamon Peduli secara khusus mengambil peran sebagai mitra pemerintah dalam revitalisasi pasar rakyat. Pada dasarnya kami saling mengisi dan melengkapi program kerja pemerintah yang fokus pada pengembangan pasar. Selain perbaikan fisik, aspek promosi pasar rakyat menjadi sangat penting untuk mengimbangi persaingan dengan ritel modern serta menjawab kebutuhan konsumen. FPR kali ini murni buah karya komunitas milenial Kota Mataram, kami perlu membangun ikatan yang kuat antara generasi muda dan pasar rakyat, salah satunya melalui kegiatan kreatif seperti FPR. Masa depan pasar rakyat berada di tangan mereka,” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Pada kesempatan ini, ada kurang lebih 250 orang relawan dari 28 komunitas lokal lintas sektoral yang menjadi motor penggerak kegiatan. Terdiri dari penari, musisi, penulis, fotografer, videografer, seniman, artis pantomim dan desainer fesyen. Festival Pasar Rakyat Kota Mataram mengusung tema “Lalok Meken Nteh!” (bahasa Sasak) yang berarti “Ayo Pergi ke Pasar!” mengemas pasar rakyat sebagai panggung kreatif yang bertujuan untukmengembalikan nilai dan peran pasar rakyat sebagai ruang publik yang edukatif, inovatif dan berbudaya, serta dijaga dan dikembangkan oleh para komunitas lokal.

Sebagai rangkaian dari FPR, komunitas selaku tim pelaksana memobilisasi masyarakat untuk melakukan Resik Meken” yaitu gotong royong membersihkan pasar pada 18 November 2017, dilanjutkan dengan kegiatan pengobatan gratis diperuntukkan bagi komunitas pasar di Kota Mataram. Pada 23 November 2017, Danamon Peduli menyelenggarakan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran di Pasar Dasan Agung, Mataram yang diikuti sekitar 60 peserta pelatihan, mayoritas terdiri dari pedagang dan personil keamanan pasar.

“Kami sangat terkesan dengan komitmen Pemerintah Kota Mataram dan komunitas lokal terhadap pengembangan pasar rakyat. Dengan adanya kegiatan FPR ini, kami menjadi saksi atas semangat dan kepedulian pemerintah daerah - masyarakat yang kali ini diwakili oleh komunitas untuk mempromosikan pasarnya. Generasi milenials Kota Mataram terbukti mampu menjadikan pasar sebagai panggung dan etalase kekayaan daerahnya untuk disebarluaskan ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Hal ini bisa menambah panjang alasan mengapa Kota Mataram pantas menjadi tujuan wisata, bukan saja karena sebagai salah satu kota pusaka namun juga kekayaan yang ada di pasar rakyatnya,lanjut Restu.

Selain melibatkan pemerintah kota dan komunitas, FPR Kota Mataram turut didukung juga oleh Bank Indonesia Mataram.


Share the knowledge...