Monday, Oct 23rd 2017
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Danamon Peduli Lengkapi Pasar Rakyat Dengan Papan Petunjuk Jalur Evakuasi


Berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (www.bnpb.go.id),  Indonesia merupakan daerah rawan bencana seperti, gempa bumi, tanah longsor, tsunami, banjir serta bencana alam lainnya. Kerugian kerusakan infrastruktur hingga korban jiwa sangat rentan terjadi. Terlebih jika menimpa fasilitas dan ruang publik yang menunjang kehidupan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat, seperti pasar tradisional atau pasar rakyat, sekolah dan rumah sakit.  Selain itu, data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) sebanyak 283 pasar tradisional terbakar di seluruh Indonesia selama tahun 2015.  Padahal pasar memiliki peran penting dalam perekonomian daerah dan ketahanan pangan nasional.

Merespon rentannya pasar rakyat tertimpa bencana alam maupun kebakaran, sejak tahun 2015 Yayasan Danamon Peduli bermitra dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran mengadakan ‘Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran’ untuk komunitas pasar di seluruh Indonesia. Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran telah dilaksanakan di 20 kota atau kabupaten di melibatkan 1.624 peserta pelatihan yang terdiri dari komunitas pasar dan pedagang, serta pendistribusian alat pemadam api ringan  sebanyak 259 unit ditempatkan dilebih 50 pasar rakyat. Selain Pelatihan Mitigasi Bencana dan Penanganan Kebakaran Danamon Peduli juga telah melengkapi beberapa pasar dengan papan petunjuk jalur evakuasi. Pemasangan papan petunjuk jalur evakuasi merupakan bagian dari upaya menyelamatkan diri serta untuk mempermudah proses evakuasi (menjauh dari ancaman yang berbahaya) bagi komunitas pasar jika  terjadi bencana.

Pemasangan papan evakuasi telah dilakukan oleh Danamon Peduli di Pasar Sragen Jawa Tengah, Pasar Ibuh Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Pandansari Balikpapan Kalimantan, Pasar Grogolan Pekalongan Jawa Tengah,  Pasar Karangwaru Yogyakarta, Pasar Lambocca Bantaeng Sulawesi Selatan, dan Pasar Baru Probolinggo Jawa Timur.


Share the knowledge...